Artikel kali ini adalah membahas review yayasan baby sitter terbaik dan terpercaya (lebih ke opini pribadi dan pengalaman sich). Percaya atau tidak di luar sana bisnis yayasan baby sitter sudah banyak sekali tercoreng dikarenakan kualitas pekerja yang tidak mumpuni, istilahnya PRT yang dipakaikan baju suster. Bukan sekali dua kali hal seperti ini terjadi di rumah gue!



Cari Pekerja Baby Sitter Itu Susah Susah Gampang 


Yup bener sekali, mencari baby sitter yang baik memang susah-susah gampang dan kebanyakan Pe'a! Disuruh ini itu gak ngerti sama sekali, masa iya gak dikasih pelatihan buat ngurus baby sich di yayasan? Laah gue udah bayar admin segala macem, terus gue dapet pekerja pe'a!

Gue pribadi sich lebih suka baby sitter yang jujur, kalau tidak bisa yaa bilang saja alias pemula dan harus dibimbing pelan-pelan dibandingkan dengan ngakunya senior tapi gak bisa apa-apa. Lebih bagus lagi kalau umurnya sudah 30 an dan pernah punya anak, biasanya kerjanya juga lebih bagus daripada yang muda kerjanya seperti mau mau nggak nggak.

Kebiasaan Buruk Pekerja Baby Sitter


Beberapa kali gue ambil pekerja baby sitter di rumah ( Cuman gue gak mau sebut nama yayasan nanti gue kena tuntut lagi karena pencemaran nama baik), kebiasaan jelek mereka itu adalah kalau tengah malam baby gue bangun, pasti mereka tetep tidur atau pura-pura tidur! Gimana nggak gondok coba? Hadeuuuhhh!!! Makanya sekarang-sekarang kalau malam mending baby tidurnya bareng gue sama suami.

Kebiasaan buruk lainnya adalah mereka suka telpnan. Tidak konsen dengan pekerjaannya. Semuanya jadi lupa, kalau ditegur paling jawab iya-iya aja tapi kebiasaan telpnan tetep berulang.

Ada juga yang tidak sayang dengan baby. Jadi kalau nangis atau apa, mereka gak ada rasa kasian sama sekali bahkan terkesan cuek.

Belum lagi kebiasaan jorok. Jarang cuci tangan, mandi telat, pembalut dibuang sembarangan, makanan di taruh dimana-mana sampai semutan. Ngeliatnya bikin darah mendidih ke ubun-ubun! DOOOR!!

Yang paling parah adalah yang suka keluyuran kalau lagi gak ada orang dirumah. Ini yang paling tidak bisa ditoleransi! Biasanya kalau baby sitternya masih muda kelakuannya  ampun-ampunan daaah, makanya gue lebih seneng ambil yang udah berumur.

Ada juga kejadian paling parah, yaitu masukkin laki-laki ke rumah saat kami gak ada di rumah. Ehh buseeeng! Ngakunya sich anak angkat tapi umur gak beda jauh. OMG! Bo'ong kebangetan! Yaah walaupun baby sitter umurnya udah gak muda tapi kalau kelakuan masih ABG, yaa begini. Gue balikin aja suster model begini ke yayasan! Balik lu sono balik!

Management Yayasan Baby Sitter Yang Buruk


Banyak banget yayasan baby sitter itu cuma mencari untungnya saja, jika dikomplain malah balik marah. Belum lagi uang administrasi yang sulit dibalikkin oleh pihak yayasan dikarenakan alasan ini itu yang tidak jelas sampai tenggat waktu garansi habis.


Berapapun biaya administrasi dan sertifikat yang ditunjukkan, tidak akan menjamin pekerja yang diberikan ke ente adalah pekerja yang bagus, handal, dan terpercaya. Bullshit laah, pihak yayasan tuuh cuma speak-speak doank tentang kualitas mereka. Gue lebih suka wawancara langsung dengan suster tanpa pihak yayasan yang nimpalin wawancara gue. Gue bisa lebih tahu dan lebih paham dengan karakter pekerja.


Komplain tentang pekerja yang ditanggapi datar-datar saja oleh yayasan. Yups, memang banyak kelakuan baby sitter yang buruk dan gue pastikan gue komplain ke pihak yayasan. Tapi mereka cuma jawab datar-datar saja seperti "oh yaa?!", "saat di kami dia tidak seperti itu", atau "yaa ampuun kok bisa ya" sambil masang tampang gini kali yaa saat telp
  .
Setelah itu mereka akan bilang, baiklah kami akan menasehati suster kami, dan kemudian kelakuan baby sitter berulang kembali ke habitatnya. Begitulah perputaran skenario komplain ini.


Sulitnya mengganti pekerja baby sitter! Gue kan pihak client, kalau gue merasa pekerja Anda tidak bagus sesuai dengan kata-kata Anda, wajar kan gue minta ganti. Lagian hal pergantian pekerja memang biasanya ada di surat perjanjian. Hanya saja saat pekerja sudah ditarik yayasan, sering sekali mereka mengatakan STOK KOSONG sampai tenggat waktu pergantian pekerja habis dan duit gue angus. Kalau ingin ngambil pekerja lagi gue harus bayar admin lagi.

Habis Gelap Terbitlah Terang!


Setelah capek hati, capek pikiranm capek batin (yaelaaaah), akhirnya gue dapet juga yayasan dengan pekerja baby sitternya yang bagus!

Berawal dari searching di internet mengenai yayasa baby sitter terpercaya, gue mendapatkan salah satu yayasan penyalur baby sitter yaitu Yayasan Era Prima. Gue searching juga mengenai komplain mengenai yayasan yang satu ini dan pencarian gie berakhir nihil. Akhirnya gue coba saja telp ke yayasan tersebut. Mereka bilang kalau mau diantar bisa, kalau mau diambil langsung juga bisa. Lokasi mereka ada di Bogor, dekat Cibinong.

Sampai di TKP, gue ketemu dengan mba cinta. Orangnya masih muda. Dia menjelaskan kepada kami mengenai biaya administrasi, pergantian pekerja, pengembalian uang administrasi, lalala lilili dan bla bla bla. Gue skip aja yaa. Setelah itu dia memanggil calon pekerja baby sitter bernama mba Khatimah asal Magelang. Setelah perkenalan sebentar dan basa-basi, mba Cinta mengatakan kepada kami "Silahkan bapak/ibu melakukan wawancara kepada calon pekerja, saya akan menunggu didalam".

Lumayan kaget sich, ada juga yayasan yang mempercayakan sepenuhnya dan memberikan waktu wawancara pekerja secara private antara kami dengan pekerja saja. Gue mulai tanya-tanya tuuh mulai dari nama, umur, pengalaman bekerja, kenapa keluar dari tempat sebelumnya, punya anak apa tidak, kebiasaan kami dirumah apa saja, dan lain sebagainya. Intinya dia seorang pekerja baby sitter berumur 28 tahun yang sudah pengalaman 2 tahun mengurus baby. Dia keluar dari tempat sebelumnya dikarenakan majikannya pindah kerja, dan gaji dari yayasan yang kecil. Lalu dia pindah ke yayasan Era Prima dan sudah diberikan pelatihan-pelatihan mengenai baby sitter di sini.

Setelah wawancara selesai, mba Cinta datang dan menyampaikan apa sekiranya kita mau untuk mempekerjakan mba Khatimah? Kami berkata OK, lalu diberikan surat perjanjian 3 lembar, dimana 1 untuk kami, 1 untk yayasan, dan 1 untuk pekerja. Dia juga menjawab pertanyaan-pertanyaan kami mengenai isi surat perjanjian. Singkat cerita akhirnya gue angkut dech ke rumah baby sitter dari yayasan Era Prima.

Kinerja Baby Siter Dari Yayasan Era Prima


Well, so far setelah dia bekerja selama 2 bulan di rumah, gue bisa melihat kinerjanya. Doi gak main hape saat bekerja, doi bahkan gak berani yang namanya ambil makanan diatas meja kalau gue gak memperbolehkan, gak jorok, care dengan baby gue, dan doi gak keluyuran tuuh paling cuma mau keluar buat beli pulsa aja atau gue yang beliin jadi dia gak keluar rumah. Well bukan gue memenjarakan doi yaa cuma gue trauma aja dengan yang dulu-dulu sering keluyuran. Gue akan tetap seperti ini sampai doi mendapatkan kepercayaan gue!

Yang paling membuat gue senang adalah doi terbukti perkataannya kalau dia pengalaman mengurus baby, doi cekatan dan pandai ngurusnya mulai dari mandiin, boboin baby, cuci baju baby, sampai masak MPASI. That's good!

Bagi kalian yang ingin mengambil baby sitter, kalian bisa ke yayasan kirana era prima. Nich infonya:

Ibu Esty (Bogor) 
☏ 021-93411756 (ESIA) 
☏ 0857-95925488 (Mentari) 
☏ 08787-5958316 (XL) 
☏ 0822-16563389 (Telkomsel) 
✉ lpkeraprima@gmail.com 
Alamat: Perumahan Ambar Residance Blok A12 No. 5, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 

Post a Comment